Raja Sapta Oktohari Resmi Buka Kejuaraan Hoki Asia Men’s AHF Cup 2022

Salah satu ajang hoki paling bergengsi di Asia, Men's AHF Cup 2022, resmi dibuka di Lapangan Hoki Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Jumat (11/3/2022). Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari, mendapat kehormatan untuk membuka turnamen yang diikuti sembilan negara tersebut. Usai membuka kejuaraan, Raja Sapta Oktohari pun menyampaikan harapannya untuk olahraga hoki di Indonesia. Saat ini, hoki memang belum terlalu populer di Indonesia.

Namun, ia optimistis minat masyarakat terhadap hoki akan bertambah seiring dengan prestasi yang didapat. "Indonesia belum dominan di olahraga tim. Tentu ke depan hoki bisa kita harapkan. Jika berprestasi, tentu challenge di olahraga hoki ini bakal menarik untuk masyarakat," jelas pria yang akarab disapa Okto itu. Ia juga menuturkan bahwa keberhasilan Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI) menggelar turnamen tingkat kontinental ini bisa diikuti oleh cabang olahraga lain.

"Ini langkah besar untuk FHI. Ini jelas jadi modal besar dan inspirasi untuk cabor lain agar juga mendatangkan ajang tingkat kontinental atau bahkan dunia ke Indonesia. Makin banyak ajang internasional yang digelar di Indonesia tentu semakin bagus juga untuk perkembangan olahraga Tanah Air," tutur pria berusia 46 tahun itu. Di lain pihak, PP FHI berharap bisa meraih sukses dalam penyelenggaraan maupun prestasi. Apalagi ini pertama kalinya Hoki Indonesia menyelenggarakan single event internasional. Sementara itu, Ketua Umum PP FHI, Budi Sulistijono, pun mengakui cukup berat tantangan untuk mengembangkan olahraga Hoki di Indonesia. Sementara ini, baru ada 17 Pengprov di bawah FHI. Belum lagi fasilitas yang memadai masih minim lantaran mahalnya biaya untuk membuat lapangan hoki.

Tercatat, saat ini baru ada lima provinsi yang memiliki lapangan hoki yaitu Jakarta, Bandung, Palembang, Papua, dan Surabaya. “Ini memang olahraga mahal. Tapi kami tak melihat hal tersebut sebagai hambatan,” ucap Budi Sulistijono. Sementara itu, timnas Hoki Putra Indonesia yang tergabung di Pool B harus mengakui keunggulan Bangladesh pada laga perdana, malam ini. Pada pertandingan tersebut, Indonesia kalah dengan skor 2 7.

Setelah laga ini, Indonesia yang dilatih Dharma Raj akan menghadapi Singapura, Sabtu (12/3/2022) malam WIB. Seperti diketahui, Men’s AHF Cup 2022 diikuti sembilan negara dan terbagi dalam dua pool. Untuk Pool A dihuni Thailand, Sri Lanka, Uzbekistan, dan Kazakhstan. Sedangkan Pool B ditempati Oman, Singapura, Bangladesh, Iran, dan Indonesia. Seluruh laga dimainakn di Lapangan Hoki Gelora Bung Karno, Jakarta, 11 20 Maret 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published.