Berikut 4 Manfaat Asuransi untuk yang Hobi Jalan-Jalan

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan asuransi travel. Saat membeli tiket perjalanan biasanya produk ini ditawarkan untuk memaksimalkan proteksi perjalanan. Sayangnya, masih banyak yang beranggapan bahwa asuransi ini kurang penting. Padahal, ada banyak manfaat yang Anda peroleh bila membeli asuransi perjalanan, lho.

Dilansir dari OJK, ada dua jenis asuransi perjalanan yang bisa Anda pilih, yaitu single trip dan program tahunan. Asuransi single trip menjamin satu kali perjalanan dengan jaminan maksimum 180 hari perjalanan. Sedangkan asuransi tahunan menjamin perjalanan maksimum 90 hari perjalanan sepanjang tahun.

 

Nah, berikut ini beberapa manfaat dari asuransi perjalanan yang perlu Anda ketahui.

 

  1. Biaya Perawatan Medis Saat Perjalanan

Ada banyak hal yang tidak dapat diprediksi saat liburan, mulai dari penerbangan yang terlambat hingga tiba-tiba jatuh sakit dan harus mendapatkan perawatan medis. Jika harus dirawat di rumah sakit selama liburan, Anda perlu mengeluarkan biaya perawatan yang tidak sedikit. Kebutuhan tak terduga semacam ini bisa jadi masalah serius untuk keuangan Anda. Namun, dengan membeli asuransi perjalanan, biaya perawatan medis bukan lagi tanggung jawab Anda. Pihak perusahaan asuransi akan bertanggungjawab terhadap perawatan medis termasuk rawat inap.

  1. Kompensasi Pembatalan Perjalanan

Manfaat kedua adalah kompensasi pembatalan perjalanan atau keterlambatan, seperti yang dilansir dari Republika. Keterlambatan perjalanan umum terjadi ketika Anda menggunakan transportasi umum saat liburan, seperti kereta ataupun pesawat terbang. Kondisi ini dapat menimbulkan kerugian jika tiket yang sudah dibeli tidak dapat di-refund. Untungnya, asuransi travel memberikan kompensasi untuk keterlambatan atau pembatalan jadwal keberangkatan. Kompensasi yang diberikan berbeda-beda antara perusahaan asuransi satu dan yang lainnya. Ada perusahaan asuransi yang memberikan kompensasi berupa menginap gratis di hotel yang bekerjasama dengan maskapai penerbangan.

  1. Ganti Rugi Atas Kehilangan atau Kerusakan Bagasi

Kerusakan atau kehilangan bagasi adalah salah satu permasalahan yang sering terjadi saat bepergian. Rusaknya tas atau koper saat perjalanan akan sangat merugikan dan membuat momen liburan berantakan. Untuk mengantisipasi kondisi semacam ini, Anda butuh asuransi untuk proteksi selama perjalanan. Dengan adanya proteksi perjalanan, Anda akan memperoleh ganti rugi apabila mengalami kerusakan atau kehilangan bagasi.

  1. Sumbangan Kematian

Selain kehilangan bagasi, jadwal penerbangan terlambat, dan sakit saat liburan, risiko kematian juga bisa terjadi. Di sinilah manfaat asuransi sangat terasa untuk keluarga yang ditinggalkan. Pihak asuransi akan memberikan pertanggungan berupa sejumlah uang untuk keluarga ketika Anda meninggal saat bepergian.

 

Itulah empat manfaat yang bisa Anda dapatkan jika membeli asuransi travel. Kini asuransi khusus untuk perjalanan dapat dibeli dengan mudah secara online di situs MSIG Online. Anda bisa menentukan sendiri mau membeli proteksi untuk perjalanan domestik, internasional, business trip, atau family package.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *